PENERAPAN PENYESUAIAN KESULITAN DINAMIS DALAM PERMAINAN MENEMBAK TANPA AKHIR BERDASARKAN KURVA KESULITAN IDEAL
Abstract
Salah satu permasalahan penting permainan digital adalah menyajikan tingkat kesulitan yang sesuai dengan kebutuhan pemain, yaitu yang tidak terlalu sulit maupun mudah. Metode termutakhir dewasa ini untuk mewujudkan hal itu adalah Penyesuaian Kesulitan Dinamis (PKD), di mana perangkat lunak permainan digitalnya menyesuaikan tingkat kesulitannya secara otomatis, di belakang layar, pada saat pemain bermain. Walau demikian, penerapan PKD yang tidak tepat justru dapat mengganggu kesenangan bermain pemain. Dalam penelitian ini kami mencoba memahami bagaimana penerapan PKD yang tepat dengan mengaitkannya dengan teori Kurva Kesulitan. Kami melakukan eksperimen menggunakan permainan menembak tanpa akhir yang menerapkan PKD untuk menaik-turunkan jeda kemunculan musuh-musuh agar sesuai dengan kemampuan pemain. Kami menjalankan permainan tersebut dalam tiga skenario di mana karakter pemain kehilangan nyawa di saat-saat yang berbeda. Kami menganalisis data jeda kemunculan musuh, data jumlah musuh di layar, dan beberapa data lain. Hasil analisis kami menunjukkan bahwa mekanisme PKD yang diterapkan di permainan yang diujikan masih jauh dari sempurna karena masih belum sesuai dengan kurva kesulitan yang ideal. Kami kemudian mendiskusikan hasil yang kami dapatkan dan arah untuk penelitian selanjutnya.