THERAPIN: APLIKASI VIRTUAL REALITY DENGAN GAMIFIKASI UNTUK MEMBANTU TERAPI ACROPHOBIA BERBASIS ANDROID

  • Fawwaz Ali Akbar Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur
  • Retno Mumpuni Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur
  • Junio Bagus Kurniawan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur
Keywords: Acrophobia, Android, MDLC, Virtual Reality, Virtual Reality, Exposure Therapy

Abstract

Acrophobia atau phobia terhadap ketinggian merupakan salah satu phobia yang banyak ditemui dalam masyarakat. Ada beberapa metode untuk mengatasi phobia ini, salah satunya adalah Exposure Therapy. Namun exposure therapy memiliki resiko yang berbahaya jika seseorang memiliki tingkat phobia yang tinggi. Sebagai alternatif exposure therapy, dapat menggunakan metode lain yaitu Virtual Reality Exposure Therapy (VRET), dengan menggunakan metode Virtual Reality Exposure Therapy yaitu menggunakan Virtual Reality sebagai teknologi pembantu, Virtual Reality Exposure Therapy akan dapat mengurangi resiko yang terdapat pada exposure therapy dan juga dapat menambahkan fitur-fitur lain agar proses terapi dapat dilakukan dengan lebih nyaman. Pada penelitian ini mencoba membuat aplikasi berbasis VRET dengan mengombinasikan dengan konsep gamifikasi. Tujuan memasukkan konsep gamifikasi adalalah agar proses terapi lebih menyenangkan dan dapat membuat seseorang lebih lama menggunakan aplikasi sehingga membantu memudahkan dalam proses terapi. Aplikasi ini akan dikembangkan dengan metode MDLC, dengan Unity Engine dan berbasis Android.

Published
2019-11-25