PETUALANGAN GAME GATOT KACA DI PULAU JAWA
Abstract
Indonesia memiliki beragam budaya dan kesenian tradisional yang tersebar dari Sabang hingga Merauke dengan keunikan dan karakteristik masing-masing budaya itu sendiri. Wayang adalah salah satu puncak budaya dan seni Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainnya. Gatotkaca adalah adaptasi sastra India, yaitu Ramayana dan Mahabarata. Game adalah salah satu media yang dapat digunakan dalam menyampaikan suatu tujuan. Tujuan yang terkandung dalam permainan memiliki berbagai jenis pendidikan, hiburan dan simulasi. Pada saat ini gim ini semakin berkembang dan ada juga banyak aplikasi dan perpustakaan yang digunakan untuk mengembangkan gim. Misalnya Construct 2, GameMaker: Studio, Unity, Godot Game Engine, Unreal Engine 4 dan lainnya. Dengan aplikasi ini, penulis berharap aplikasi ini menjadi media pembelajaran yang interaktif dan menarik sehingga dapat membantu memberikan pendidikan, dan melestarikan budaya Indonesia, khususnya dalam wayang Indonesia.